Cara Mudah Menghindari Pencurian / Pengambilan / Copy Paste Artikel Di Blog

Cara Menghindari Pencurian Artikel Blog

Cara Mudah Menghindari Pencurian / Pengambilan / Copy Paste Artikel Di Blog

Pencurian atau Pengkopian artikel terkadang membuat kesal, terutama ketika oknum tersebut mengambil artikel kita tanpa minta ijin atau bahkan tidak mencantumkan sumbernya.

Tapi tidak bisa dipungkiri lagi, kegiatan copy paste artikel atau pencurian atau bahkan pengambilan artikel tanpa ijin dan mencantumkan sumbernya saat ini sudah nge-trend dan susah dihindari.

Menurut saya sebagai seorang penulis blog, jika ingin mengambil artikel seseorang sebaiknya dengan cara :

  • Mencantumkan sumbernya pada artikel tersebut
  • Meminta ijin terlebih dahulu kepada si penulis artikel
  • Jika kedua cara diatas tidak sempat anda lakukan, sebaiknya demi menghormati dan menghargai hasil karya orang lain, artikel yang telah diambil sebaiknya dilakukan pengeditan antara 20-50% bagaimanapun juga hasil pemikiran orang lain harus kita hargai.


Untuk cara mengambil artikelnya pun dilakukan ada berbagai macam cara, namun kadang cara yang paling sering adalah seperti :

  1. Dengan melakukan Copy Paste secara langsung. Hal seperti ini sangat umum dengan cara memblok seluruh artikel anda kemudian melalui mouse atau keyboard tinggal di copy dan paste.
  2. Dengan pengambilan Atom.xml pada blog. Cara seperti ini hanya sebagian besar yang mengetahuinya, namun cara seperti ini lebih sadis ketimbang dengan cara copy paste. karena dengan cara pengambilan atom.xml maka bukan hanya 1 tapi seluruh artikel yang ada pada blog anda akan tercopy. (untuk caranya mohon maaf yah saya tidak berikan diblog ini hehehe silahkan anda search di mesin penelusuran google pasti anda dapat)
Pada postingan kali ini akan saya bahas tentang cara menghindari pencurian artikel, namun sekali lagi karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengambil artikel, maka cara menghindari yang akan saya jelaskan berikut terkait dengan cara copy paste secara langsung dan pengambilan dengan melalui atom.xml.

Cara Menghindari Pencurian Artikel Blog Dengan Menonaktifkan Fungsi Klik Kanan Pada Mouse

Cara yang pertama ini, untuk menghindari pengambilan artikel yang dilakukan dengan klik kanan atau dengan memblok artikel menggunakan mouse.

Dengan cara ini, sipengambil artikel tidak akan bisa melakukan "Select Text", klik kanan pada mouse, dan tidak bisa juga CTRL + C pada keyboard.

Caranya nya cukup mudah anda hanya perlu mengcopy kode berikut :


<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function ("return false")
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>


Caranya dengan masuk ke akun blog anda, kemudian Layout (Tata Letak), setelah itu Add Gadget (Tambahkan Gadget) untuk Add Gadget anda bebas menentukan posisinya, Kemudian Pilih HTML/Javascript. dan masukkan kode sript diatas lalu Save.

Cara ini sangat ampuh untuk mematikan fungsi klik kanan mouse atau bahkan fungsi select kemudian CTRL+C pada keyboard.


Cara Menghindari Pencurian Artikel Blog Dengan Memperpendek Atau Menonaktifkan Feed Entri


Tanpa kita sadarai pengaturan default blog untuk feed entri dijadikan penuh (full), untuk beberapa alasan fitur ini juga berguna untuk blog kita, namun disisi lainnya blog anda akan dengan mudah diambil seluruh artikel yang ada didalamnya dengan cara mengambil atom.xml blog anda.

Jika anda merasa fitur feed ini berguna untuk penyebaran artikel - artikel blog anda, maka jika tidak ingin dinonaktifkan anda bisa membuatnya menjadi pendek dengan kata lain yang nampak pada entri feed hanya judul dan sepenggal kata-kata artikel anda saja dan jika sipengambil artikel tersebut mencoba mengambil atom.xml anda, maka akan sia-sia.

Berikut cara memperpendek atau menonaktifkan fitur feed entri blog agar terhindar dari pencurian atau pengambilan artikel melalui atom.xml
  • Seperti biasa Login ke akun Blogger anda

  • Kemudian anda masuk ke SETELAN (Settings)

  • Setelah itu Pilih LAIN-LAIN (Other)

  • Anda akan melihat UMPAN SITUS (Site Feed), pada Ijinkan Umpan Blog (Allow Blog Feed) pilih PENDEK (Short) untuk memperpendek feed entri blog atau jika anda ingin menonaktifkan anda pilih TIDAK ADA (None)

  • Langkah terakhir apalagi selain SIMPAN SETELAN (Save Settings)

Bingung? kalau begitu semoga gambar dibawah ini dapat membantu anda dengan jelas
Menghindari Pencurian Atom.xml Blog
.
Demikianlah penjelasan sederhana tentang Cara Menghindari Pencurian atau Pengambilan Artikel Diblog, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta membantu anda. Sampai bertemu lagi diartikel lainnya.

No comments:

Post a Comment

TRIK INTERNET GRATIS SEUMUR HIDUP

  CARANYA YAITU MENGGUNAKAN SEBUAH APLIKASI YAITU HTTP INJECTOR berikut cara Menggunakan HTTP Injector - Pengertian HTTP Injector ada...